Breaking News
Join This Site
Selayang pandang

Selayang pandang






Masjid Al Aman Yogyakarta-- 




Kata Pengantar

Guna memberikan gambaran keberadaan Masjid Al Aman bersama ini disampaikan “Selayang Pandang Yayasan Al Aman Perum Sidoarum Godean Sleman Yogyakarta”, sekaligus sebagai bahan informasi mengenai pengelolaan Masjid Al-Aman dan perkembangannya hingga dibentuknya Yayasan Al-Aman, dilakukannya Pembangunan Kembali Masjid Al Aman, berbagai Program dan Kegiatan Yayasan, termasuk Susunan Pengurus Yayasan Al Aman.
Semoga informasi ini bermanfaan bagi pihak-pihak yang berkepentingan, dan pengurus senantiasa mengharap masukan, saran maupun kritik yang bersifat membangun demi perbaikan diwaktu mendatang.
Billahitaufiq walhidayah.

I.      RIWAYAT SINGKAT MASJID AL-AMAN
Masjid Al Aman terletak di Desa Sidoarum, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Masjid itu dibangun oleh P.T. Niti Buana, selaku Pengembang Perumahan Real Estate yang membangun perumahan di desa tersebut pada tahun 1981. Pada tanggal 11 Jumadilakir 1402 H, 05 April 1982 masjid itu diserahkan oleh H. Syafrudin, SH selaku Direktur P.T. Niti Buana kepada umat Islam yang diwakili oleh Drs. Mudjeri sebagai harta wakaf. Tanah masjid seluas 625,35 m2, sedang  luas bangunan 214,2 m2 dengan daya tampung ± 350 jama’ah.
Untuk memakmurkan Masjid Al Aman umat Islam yang berdomisili di Perumahan Sidoarum segera membentuk pengurus Takmir Masjid. Pertama kali Takmir Masjid Al Aman di ketuai Kapten Afdan Rozali. Selanjutnya sejak tahun 1982 hingga tahun 1992 telah mengalami beberapa kali pergantian pengurus.
Pada tahun 1991 beberapa tokoh muslim Perumahan Sidoarum dan sekitarnya berpendapat bahwa pengelolaan Masjid Al Aman yang kegiatannya semakin luas tidak cukup hanya dikelola oleh pengurus Takmir Masjid tetapi perlu membentuk sebuah Yayasan. Akhirnya gagasan tersebut terwujud pada tanggal 21 November 1991,dengan nama Yayasan Al Aman berdasarkan Anggaran Dasar dengan Akte Notaris  Nomor 73 tahun 1991.
Sebagai Dewan Pendiri Yayasan terdiri:
1.                    Drs. Djamingan
2.                    H. A.S. Dimyati
3.                    Drs. Mudjeri
4.                    Drs. DS. Moelyono
Pengurus Yayasan Al Aman untuk pertama kalinya dipimpin
Drs.H. Barmawi Mukri,SH.
Dengan  telah terbentuknya Yayasan Al Aman maka pengurus Takmir Masjid Al Aman melimpahkan segala kekayaan dan segala sesuatu yang menjadi tanggung jawab urusan ketakmiran  Masjid Al Aman kepada Pengurus Yayasan Al Aman.
Langkah yang segera dilakukan Pengurus Yayasan adalah menyelesaikan pensertifikatan tanah. Adapun tanah yang menjadi asset Yayasan yang perlu segera diselesaikan sertifikatnya adalah sebagai berikut:
1.    Tanah pekarangan sebelah utara masjid seluas 341 m2 dengan sertifikat No. B. 8576652 tanggal 04 Juli 1988 dan menjadi tanah wakaf No. 269/785.
2.    Tanah pekarangan seluas 370 m2 dengan sertifikat No.AC.516174 tanggal 8 Juni 1993  dan menjadi tanah wakaf No. 1049/784.
3.    Tanah bangunan masjid seluas 615 m2 dengan sertifikat hak milik/wakaf nomor 1767/1185 tangal 15 Februari 1997.
4.    Tanah bangunan rumah seluas 100 m2 dengan sertifikat hal milik/wakaf nomor 1/06 tanggal 12 September 1985.
5.    Tanah pekarangan seluas 129 m2 dengan sertifikat nomor 298 tanggal 22 Juni 2005.
6.    Tanah pekarangan seluas 704 m2 dengan sertifikat nomor 297 tanggal 19 Mei 2005.

Dengan modal masjid  dan tanah wakaf tersebut, maka Yayasan Al Aman segera membentuk Panitia untuk “Pembangunan Kembali Masjid Al Aman” . 
PEMBANGUNAN KEMBALI MASJID AL AMAN
Pengurus Yayasan Al Aman berkewajiban mengelola masjid secara fisik maupun non fisik,meliputi kegiatan peribadatan dan kegiatan sosial lainnya antara lain bidang pendidikan, perpustakaan, kesehatan, usaha ekonomi dan koperasi /BMT.
Jama’ah Masjid Al Aman secara kwantitatif berkembang semakin banyak, demikian pula kegiatan Yayasan  semakin berkembang, sehingga keberadaan masjid dirasakan semakin sempit dan kurang memadai untuk menampung jama’ah dan berbagai kegiatannya.
Perlu disampaikan bahwa dalam rangka lomba Masjid se Propinsi DIY yang diselenggarakan Kantor Wilayah Departemen Agama Propinsi DIY pada tahun 1994, Masjid Al Aman memperoleh predikat sebagai Masjid Teladan I Tingkat Propinsi DIY.

Dengan semakin bertambahnya jama’ah maka Pengurus Yayasan Al Aman  sepakat untuk melakukan “Pembangunan Kembali Masjid Al Aman” menjadi sebuah masjid yang memadai dan diharapkan mampu menampung jumlah jama’ah serta berbagai kegiatannya.
Peletakan batu pertama dilaksanakan pada tahun 2002 oleh Wakil Gubernur Propinsi DIY Sri Paduka Paku Alam IX  . Namun  pelaksanaan pembangunan baru dapat dimulai 29 Juni 2003 dan selesai pada 17 September 2006, yang peresmiannya dilakukan Gubernur Propinsi Daerah Istiemwa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X pada tanggal 05 November 2006.
Pembangunan Kembali Masjid Al Aman menelan biaya sebesar Rp.769.612.000,-
(tujuh ratus enam puluh sembilan juta enam ratus dua belas ribu rupiah). Dana bersumber dari swadaya berupa sumbangan , bantuan,  infaq, zakat, dan sodaqoh warga muslim Perumahan Sidoarum dan sekitarnya serta sumbangan para donatur.
Pembangunan Kembali Masjid Al-Aman dilaksanakan sesuai rencana di atas tanah persil seluas 615 m2, dengan luasan lantai bangunan 556 m2, dengan rincian sebagai berikut:
1.    Ruang Ibadah Lantai I ………………………. seluas 245    m2
2.    Ruang Ibadah Lantai II ……………………… seluas 156,5 m2
3.    Rang Kantor ………………………………….. seluas   30,5 m2
4.    Rang Perpustakaan …………………………. seluas   30,5 m2
5.    Ruang tangga ………………………………..  seluas   17,5 m2
6.    Tempat Wudhu pria dan wanita ……………  seluas   15   m2
7.    Kamar mandi/wc pria dan wanita ………….. seluas     7   m2
Dari luasan tersebut Masjid Al Aman mampu menampung jama’ah ± 800 orang jama’ah.
Adapun konstruksi dan bahan bangunan sebagai berikut:
1.    Pondasi, struktur pondasi menggunakan system umpak (setempat), dari bahan batu kali dengan kedalaman 3,5 m2
2.    Struktur Utama bangunan masjid menggunakan system rangka beton (rigid frame) dengan demensi balok sloof sebagai perata beban.
3.    Struktur Atap menggunakan plat beton bertulang.
4.    Kubah menggunakan struktur kubah bertulang.
5.    Menara (minaret), struktur utama mneggunakan beton bertulang dengan bahan pengisi berupa pasangan batu bata.
6.    Lantai, menggunakan bahan lantai keramik.
7.    Dinding, menggunakan batu bata dengan finishing plesteran.
8.    Kosen jendela, menggunakan rangka aluminium.
9.    Pintu akses keluar masjid, menggunakan besi sedangkan pintu di dalam masjid menggunakan rangka aluminium.

Selain Masjid sebagai asset utama, Yayasan juga memiliki asset bangunan lainnya yakni Poliklinik, Apotek, Rumah tinggal (yang digunakan untuk Toko/Koperasi Sembako dan BMT),  Perpustakaan,  Dapur, dan Gudang. 




II.    PROGRAM DAN KEGIATAN
Yayasan Al Aman berdasarkan Perubahan Anggaran Dasar dengan Akte Notarais Nomor 38 tahun 2006, berazaskan Islam berstatus mandiri tidak berafiliasi dengan ormas atau partai politik tertentu.
Visi Yayasan adalah bertekad menjadi sebuah lembaga yang unggul dan berkwalitas, bermanfaat bagi masyarakat, penggerak dan pengarah kesatuan umat dan bangsa yang penuh cinta kasih, persaudaraan dan kebersamaan yang menjadi kebanggaan umat islam Indonesia.
Misi Yayasan Al Aman adalah meningkatkan kemakmuran masjid secara optimal, menyelenggarakan da’wah Islamiyah yang berkwalitas, mewujudkan masyarakat Islami yang maju dan mandiri, serta mengembangkan wawasan keagamaan dan kebangsaan yang luas, adil dan makmur yang diridloi Allah SWT.
Maksud dan tujuan dibentuknya Yayasan Al Aman adalah berupaya meningkatkan mutu penyebaran syiar Islam, baik melalui media informasi, pendidikan, da’wah, bimbingan ibadah, maupun seni budaya. Juga bertujuan mengembangkan lembaga pendidikan berbasis tuntunan ajaran Islam, meningkatkan kemampuan masyarakat disegala bidang dalam rangka terciptanya masyarakat madani serta melaksanakan pelayanan masyarakat yang Islami.
Untuk mencapai maksud dan tujuan Yayasan dibentuk Majlis-Majlis yang secara operasional menangani berbagai program dan kegiatan sebagai berikut:
      A.  MAJLIS TA’MIR
1.      Menyelenggarakan sholat fardlu 5 (lima) waktu berjama’ah di Masjid Al-Aman dengan imam dan muadzin secara terjadwal.
2.      Menyelenggarakan sholat rowatib dan sholat-sholat sunnah lainnya.
3.      Menyelenggarakan pengajian rutin yakni :
a.    Pengajian setiap Ahad pagi di Masjid Al Aman dengan penceramah dan materi secara terjadwal.
b.    Kajian Hadist setiap Rabu sesudah Sholat Maghrib sampai Isya’.
c.    Kajian Tafsir Al-Qur’an secara tematik setiap Kamis sesudah Sholat Maghrib sampai Isya’.
d.    Kajian Tafsir Al-Qur’an secara urut setiap Jum’at  sesudah Sholat Maghrib sampai Isya’.
e.    Pengajian Ibu-Ibu warga Perumahan Sidoarum dan sekitarnya 2 (dua) kali setiap bulan    dengan penceramah secara terjadwal.
f.     Pengajian Jama’ah Haji dan Pengurus Yayasan, selapan (35 hari) sekali setiap Ahad Legi.
4.      Menyelenggarakan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) yakni :
a.       Peringatan Tahun Baru Hijriyah.
b.      Peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW.
c.       Peringatan Isra’ Mi’raj.
d.      Peringatan Nuzulul Qur’an.
5.      Menyelenggarakan kegiatan Romadhan.
6.      Menyelenggarakan kegiatan ‘Idul Adha.
7.      Menyelenggarakan kegiatan Pelepasan dan Penyambutan Jama’ah Haji Masjid Al- Aman.
8.      Menyediakan Jasa Penyelenggaraan Akad Nikah di Masjid Al-Aman.
9.      Menyelenggarakan kegiatan Khitanan Massal bekerjasama dengan PHBI Sidioarum.
10.  Menyelenggarakan perawatan jenazah bagi warga muslim di perum Sidoarum.
11.  Menyelenggarakan kunjungan silaturahmi kepada anggota dan keluarga Pengajian Ibu-ibu yang tertimpa musibah.
12.  Menyelenggarakan pelatihan ESQ bekerjasama dengan PHBI Sidoarum dan pihak-pihak lain.
13.  Menyelenggarakan Kursus Ketrampilan Keputrian bagi  jama’ah Pengajian Ibu-ibu.
14.  Menyelenggarakan  Kursus Baca Al-Qur’an dan Iqro’ bagi Jama’ah Pengajian Ibu-ibu.
15.  Menyelenggarakan pengislaman.
Menyelenggarakan pembinaan bagi  mu’alaf.
16.  Menyelenggarakan kegiatan Wisata Religi guna menambah wawasan keagamaan warga muslim Perum Sidioarum dan sekitarnya dan jama’ah Masjid Al-Aman.
                                                                                               
B.   MAJLIS PENDIDIKAN
1.    Merintis berdirinya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bagi anak-anak usia 6 (enam) bulan sampai 6 (enam) tahun.
2.    Menyelenggarakan kegiatan TPA/TKA dibawah bimbingan ustadz dan ustadzah yang berpengalaman, meliputi:
a.    Pembelajaran Iqro’ dengan kegiatan belajar membaca Al-Qur’an bagi para santri.
b.    Menyelenggarakan peringatan Hari Besar Islam dan Syawalan dengan para santri.
c.    Mengikuti Wisuda Santri yang diselengarakan oleh Badko Kecamatan Godean.
d.    Mengikuti Festifal Anak Sholeh yang diselenggarakan oleh Badko Kecamatan Godean.
e.       Mengadakan rekreasi dan mengenal lingkungan bagi para santri.
f.       Mengadakan kegiatan Out Bound bagi para santri.
g.      Mengadakan kegiatan studi banding guna menambah wawasan para santri.
h.      Mengadakan pembinaan bagi para Ustadz/Ustadzah untuk meningkatkan kemampuan melalui pelatihan dan atau studi banding.
3.    Memberikan santunan kepada anak asuh dari tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK.
4.    Menyelenggarakan pengajian bagi Anak Asuh, guna pembinaan kerohanian, etika, sopan santun serta perilaku sesuai tingkat pendidikannya.
5.    Menyelenggarakan kegiatan out bound guna mempererat tali persaudaraan antar Anak Asuh.
6.    Mengadakan kunjungan/peninjauan ke sekolah maupun ke rumah masing-masing Anak Asuh.
7.    Menyelenggarakan Perpustakaan yang dikelola secara professional, meliputi:
a.    Meningkatkan kemampuan pengelolaan dan pelayanan pengunjung secara rutin dan professional, antara lain: menyusun klasifikasi buku berdasarkan system Klasifikasi Perpustakaan Masjid dan Umum, menyempurnakan sirkulasi peminjaman dan pengembalian buku, dan lain-lain.
b.    Menambah koleksi buku dan majalah yang berkwalitas.
c.    Mensosialisasikan minat baca di Perpustakan melalui: lomba antara lain lomba cerdas baca, lomba menyusun huruf hijaiyah, menggambar, dan lain-lain, dan atau mengadakan kursus ketrampilan bagi Ibu-ibu dan Remaja.
d.    Pengadaan sarana dan prasarana perpustakaan yang memadai. 

C.   MAJLIS PEMUDA, OLAH RAGA DAN SENI
1.    Menyelenggarakan kegiatan Pemuda melalui Remaja Islam Masjid. (RISMA), antara lain:
a.       Tadarus Al-Qur’an secara rutin di masjid atau di rumah  secara bergantian.
b.      Pengajian khusus remaja di masjid atau di rumah  secara bergantian.
c.       Kegiatan lomba-lomba dalam rangka Peringatan Hari Besar Islam.
d.      Dan lain-lain kegiatan yang bernafaskan Islam. 
2.    Menyelenggarakan Olah Raga secara rutin antara lain:
a.    Bersepeda bersama yang diikuti Bapak-bapak, Ibu-ibu dan Remaja.
b.    Bermain catur bersama di masjid atau di rumah secara bergantian.
c.    Berlatih Tenis Meja di lingkungan masjid atau di rumah.
d.    Kegiatan olah raga yang bersifat massal.
e.    Pengadaan alat Olah Raga yang diperlukan.
3.    Menyelenggarakan kegiatan Seni guna menyalurkan bakat dan kemampuan bagi Bapak-bapak, Ibu-ibu dan Remaja, antar lain:
a.       Latihan Paduan Suara secara rutin oleh Bapak-bapak dan Ibu-ibu dengan lagu-lagu yang bernafaskan Islam, dibawah bimbingan pelatih yang professional.
b.      Latihan Qosidah secara rutin oleh Ibu-ibu, dibawah bimbingan pelatih yang professional.
c.       Kegiatan seni lainnya yang bernafaskan Islam.
d.      Pengadaan instrumen atau alat kesenian yang diperlukan.

D.                                           MAJLIS USAHA, EKONOMI DAN KESEHATAN
1.    Menyelenggarakan usaha dalam bentuk Toko yang menyediakan barang-barang kebutuhan pokok se hari-hari dengan harga wajar.
2.    Meningkatkan pelayanan bagi pelanggan dengan cara cepat oleh petugas toko yang  mengantar barang pesanan langsung kerumah.
3.    Mempromosikan barang dagangan melalui brosur atau selebaran kepada para pelanggan terutama bagi warga Perumahan Sidoarum dan sekitarnya.
4.    Program jangka panjang akan membangun  Toko yang berlokasi ditepi jalan raya (memindahkan Toko yang sudah ada).
5.    Menyelenggarakan Baitulmal Watamwil (BMT) untuk melayani penyimpanan dan peminjaman uang bagi anggota termasuk jama’ah pengajian Al Aman, melalui  berbagai usaha antara lain:
a.       Melaksanan orientasi Unit BMT dan menghasilkan program pembiayaan khusus.
b.      Menyusun Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga BMT sesuai standar yang telah ditentukan.
c.       Melakukan penggalangan modal dengan system iuran pokok dan iuran wajib.
d.      Melakukan kemitraan usaha dengan memberikan pinjaman modal usaha kepada pedagang di pasar diutamakan  pedagang yang berjualan  pada  saat pengajian Ahad pagi di Masjid Al Aman.
e.       Meningkatkan tertib administrasi dengan pengadaan peralatan administrasi yang memadai, antara lain pengadaan computer, peningkatan kemampuan SDM BMT.  
6.    Menyelenggarakan Klinik yang melayani pengobatan dan layanan kesehatan serta apotek. Untuk sementara pelayanan diutamakan bagi pasien jama’ah Pengajian Ahad pagi yang dilakukan pada setiap Ahad sesudah pengajian.
7.    Program jangka panjang membangun tempat praktek bersama bagi para dokter dan apotek yang berlokasi ditepi jalan raya
(memindahkan bangunan Klinik yang sudah ada). 

E.   MAJLIS HUMAS, PUBLIKASI DAN DOKUMENTASI
1.    Menyelenggarakan kegiatan kehumasan yang berfungsi memberikan informasi kepada publik baik internal maupun external mengenai kegiatan Yayasan Al Aman.
2.    Membuat Email dan Website tentang profil Yayasan Al Aman.
3.    Meliput berbagai  kegiatan Yayasan Al Aman yang bersifat protokoler.
4.    Mempublikasikan dan mendokumentasikan setiap kegiatan Yayasan Al Aman termasuk kegiatan kepanitiaan berupa banner, foto, CD, film dan lain-lain.
5.    Menyelenggarakan penerbitan Bulletin Al Aman dan Bulletin Da’wah yang terbit secara berkala.

F.    MAJLIS SARANA, PRASARANA DAN RUMAH TANGGA
1.    Menyelenggarakan pengadaan dan usaha pengembangan asset Yayasan Al Aman antara lain: pengadaan peralatan, pengadaan alat elektronik (Sound Sistem dll), pengadaan peralatan klinik, pengadaan peralatan apotik , pengadaan ruang pendidikan / TPA, pengadaan ruang dapur dan peralatannya, pengadaan tempat parkir kendaraan para jama’ah. 
2.    Menyelenggarakan pemeliharaan asset Yayasan Al Aman berupa gedung/ masjid, peralatan kantor, peralatan klinik, peralatan toko, peralatan BMT, peralatan dapur dan rumah tangga.
Menyelenggarakan inventarisasi asset Yayasan Al Aman berupa barang-barang bergerak yakni: peralatan dan perabot
3.    Asset Yayasan AL Aman dan barang-barang tidak bergerak yakni: tanah dan gedung.
4.    Menyelenggarakan pengamanan di lingkungan Masjid Al Aman meliputi: pengamanan asset Yayasan Al Aman , parkir kendaraan jama’ah Masjid Al Aman dan pengamanan pada setiap kegiatan yang diselenggarakan Yayasan Al Aman termasuk kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI).
5.    Membuat Review Master Plan Fisik Yayasan Al Aman, dan realisasi pelaksanaannya untuk jangka pendek (tahunan)  antara lain membuat rumah penjaga masjid, jangka menengah (lima tahunan) dan jangka panjang.

III.   SUSUNAN PENGURUS YAYASAN AL AMAN
A.   DEWAN PEMBINA :
1.    Drs. H. Mudjeri                                        Ketua
2.    Dr.H. Soeratno, M.Ec                            Wakil Ketua
3.    Drs.Pudjo Suharso, SU                         Sekretaris
4.    dr. H. Pernodjo Dahlan, Sp.S                Anggota        
5.    Prof. Dr. H. Suwaldi, Apt                       Anggota
6.    Ir.H. Soewandi Indanoe, M.Sc              Anggota
7.    Dr. H. Sunarto, M.Si                              Anggota
8.    Drs. H. Tashadi                                     Anggota
9.    Dr. Bambang Setiawan                         Anggota
10. Dr.drg. H. Wijiyono                                Anggota
11. Prof.Dr.H. Wahyono, Apt                      Anggota

B.   BADAN PENGAWAS :
1.    Drs. Bambang Hidayatun                     Ketua
2.    Dra. Hj. Harjanti Santosa, MM             Anggota
3.    H. Kuswantoro                                      Anggota

C.   BADAN PENGURUS
1.    Drs. H. Barmawi Mukri, SH, M.Ag           Ketua Umum
2.    Prof. Dr. H. Sugiyanto Dahlan, Apt          Wakil Ketua Umum
3.    Prof. H. Suparwoto, M.Pd                        Ketua I
4.    Ir.H. Subagio, M.Sc                                 Ketua II
5.    Prof. Dr. H. Djumhan Pida, M..Pd           Ketua III
6.    Ir. H. Sumaryo, M.Si                                Ketua IV
7.    Drs. H. Kushadi                                       Sekretaris Umum
8.    Purwanto N                                              Sekretaris I
9.    Bardani Dimyathi                                     Sekretaris II
10. Ir. H. Hendrawidyatmoko, M.Sc              Bendahara Umum
11. Prawoto                                                   Bendahara I
12. Hj. Maemunah Barmawi                          Bendahara II

D.  MAJLIS DAN UNIT
1.      Drs. Yuwono, TS                        Ketua Majlis Takmir
a.    Drs. H. Achmad AR             Koord. Unit Ibadah dan PHB
b.    Drs. Arief Kuncoro   Koord. Unit Kajian Islam
c.    H.M. Imam Sudja’I    Koord. Unit Perawatan Jenazah
d.    Hj.Tutik Djoko M                   Ketua Pengajian Ibu-ibu

2.      Prof.Dr.Djumhan Pida, M.Pd   Ketua Majlis Pendidikan
a.    Dra.Hj. Titi Djumhan Pida   Koord.Unit Pendidikan Formal
b.    Hj. Basyirotul Munawaroh  Koord.Unit Pendi. Non Formal
c.    Hj. Rachmatia Faris             Koord.Unit Perpustakaan
d.    Sigit Sasongko, A.Md          Koord.Unit Anak Asuh                   
3.    Ir. Hasto Bronto                         Ketua Majlis Olah raga & Seni
a.    dr. Rinaldi Tri Frisianto       Koord.Unit RISMA
b.    Anton Aryanto, SP   Koord.Unit Olah raga
c.    Ibu Alex Lutfi                        Koord.Unit Seni      
     
4.    Ir. H. Santosa, MS                     Ketua Majlis Sar.Pras. & RT
a.    Ir.H. Aryono P, M.Sc            Kord.Unit Pengd & Pengb.Ast.
b.    Drs. Moch. Basor                 Kord.Unit Pemel.& Invent.Ast
c.    Ir. Ganda Perangin Angin Koord.Unit Keamanan

5.    Drs.H.M.Nurrachmat ,M.Hum  Ka. Mjls Hum,Publ.& Penrb.
a.    H. Suwignyo                        Koord.Unit Humas
b.    Cecep Supriyadi                  Koord.Unit Publ.& Dok
c.    Drs. Miftahul Haq                 Koord.Unit Penerbitan
6.    Ir.H. Sumaryo, M.Si                    Ketua Majlis Usaha Ek.& Kes.
a.    Ir.Hasto Bronto                     Koord.Unit Toko
b.    Purwanto N                          Koord.Unit BMT
c.    dr.Nurul Chusna                  Koord.Unit Klinik dan Apotek

IV.  PENUTUP

Demikian berbagai informasi mengenai Masjid Al Aman dan Yayasan sebagai institusi yang mengelola dengan berbagai program dan kegiatan yang kami sampaikan secara sekilas dalam bentuk “ Selayang Pandang Masjid Al Aman “ semoga uraian yang sedikit ini dapat memberikan manfaat.
Selanjutnya kami selaku pengurus mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas perhatian dari  berbagai pihak yang telah banyak membantu dan mendukung keberadaan Yayasan Al Aman, baik dalam bentuk pemikiran, saran, pendapat, moril  maupun materiel.
Dan akhirnya kepada  Allah SWT  kami semua memohon ridhoi Nya.
Amin, amiiin   ya robbalalamiin.